By | November 29, 2023

SAMSUNG COMPANY PROFILE | Samsung Group adalah sebuah konglomerat multinasional yang berkantor pusat di Samsung Town, Seoul, Korea Selatan. Perusahaan ini memiliki sejumlah anak usaha yang mayoritas berbisnis dengan merek Samsung, dan perusahaan ini merupakan chaebol terbesar di Korea Selatan.

Samsung didirikan oleh Lee Byung-chul pada tahun 1938 sebagai sebuah perusahaan perdagangan. Dalam tiga dekade berikutnya, perusahaan ini berekspansi ke sejumlah sektor, seperti pemrosesan makanan, tekstil, asuransi, sekuritas, dan ritel. Samsung kemudian juga berekspansi ke industri elektronik pada akhir dekade 1960-an, serta ke industri konstruksi dan pembuatan kapal pada pertengahan dekade 1970-an, yang mana ketiga sektor ini kemudian menjadi tumpuan pertumbuhan perusahaan ini. Pasca kematian Lee pada tahun 1987, Samsung dipisah menjadi empat grup bisnis, yakni Samsung Group, Shinsegae Group, CJ Group, dan Hansol Group. Sejak tahun 1990, Samsung meningkatkan penjualan produknya di luar Korea Selatan, terutama produk ponsel dan semikonduktornya yang kemudian menjadi sumber pendapatan paling penting. Hingga tahun 2020, Samsung memiliki nilai merek tertinggi kedelapan di dunia.

Anak usaha Samsung yang paling terkenal antara lain Samsung Electronics (perusahaan teknologi informasi, produsen elektronik konsumen, dan produsen chip dengan pendapatan terbesar di dunia pada tahun 2017), Samsung Heavy Industries (pembuat kapal dengan pendapatan terbesar kedua di dunia pada tahun 2010), dan Samsung Engineering serta Samsung C&T (masing-masing merupakan perusahaan konstruksi terbesar ke-13 dan ke-36 di dunia). Anak usaha Samsung yang lain diantaranya Samsung Life Insurance (perusahaan asuransi jiwa terbesar ke-14 di dunia),
Samsung Everland (operator Everland Resort, taman hiburan tertua di Korea Selatan), dan Cheil Worldwide (agen periklanan dengan pendapatan terbesar ke-15 di dunia pada tahun 2012).

Samsung memiliki pengaruh kuat pada perkembangan ekonomi, politik, media, dan budaya di Korea Selatan, serta menjadi pendukung utama di balik “Keajaiban di Sungai Han”. Anak usaha Samsung memproduksi sekitar seperlima dari total ekspor Korea Selatan. Pendapatan Samsung pun setara dengan 17% PDB Korea Selatan yang sebesar $1.082 milyar.

Semua presiden di kursi C Level Samsung memiliki kekuasaan yang tanpa batas. Tidak heran jika karyawan Samsung kerap menganggap para Presiden perusahaan itu sebagai ‘dewa’.

Jumlah 20 presiden yang dianggap sebagai ‘dewa’ itu hanyalah 0,02 persen dari total karyawan yang ada di Samsung. Mereka merupakan manajemen kunci dan pembuat keputusan bisnis. Tidak heran jika mereka memiliki waktu lebih banyak di kantor dan berkutat dengan pemilik ‘kerajaan’ ketimbang di rumah bersama keluarga.

Misi & kultur kami
Komitmen tanggung jawab kami sebagai organisasi global terkemuka.

Samsung berkomitmen untuk mematuhi hukum dan peraturan setempat serta menerapkan kode etik global yang ketat kepada semua karyawan. Samsung yakin bahwa manajemen etis bukan hanya alat untuk menanggapi perubahan cepat dalam lingkungan bisnis global, tetapi juga sarana untuk membangun kepercayaan dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pelanggan, pemegang saham, karyawan, mitra bisnis, dan masyarakat setempat. Dengan tujuan untuk menjadi salah satu perusahaan paling etis di dunia, Samsung terus melatih karyawannya dan mengoperasikan sistem pemantauan, sekaligus mempraktikkan manajemen perusahaan yang adil dan transparan.

Misi & pendekatan kami
Samsung memiliki filosofi perusahaan yang lugas: mendedikasikan talenta dan teknologinya untuk menciptakan produk dan layanan unggul bagi masyarakat global yang lebih baik. Samsung sangat menekankan pada sumber daya manusia dan teknologinya untuk mencapai hal ini.

Tampak belakang seorang wanita berdiri di atas panggung dan memandang layar besar yang menampilkan warna biru cerah dan ungu.
Nilai-nilai yang menjadi semangat Samsung
Samsung percaya bahwa mewujudkan nilai-nilai yang kuat adalah kunci untuk bisnis yang baik. Itulah sebabnya nilai-nilai inti ini, dan juga kode etik yang ketat, menjiwai setiap keputusan yang diambil perusahaan.

Tampak dekat mata wanita di balik kacamata pelindung yang menunjukkan pantulan papan sirkuit listrik pada lensa.
Lima prinsip bisnis Samsung
Pada tahun 2005, diluncurkan “Lima Prinsip Bisnis Samsung” yang mengekspresikan kontribusi Samsung Electronics sebagai pemimpin global terhadap tanggung jawab sosial perusahaan. Prinsip-prinsip tersebut menjadi landasan kode etik globalnya yang sejalan dengan kewajiban hukum, etika, dan sosial perusahaan.

Tampak dekat tangan seseorang. Orang tersebut memegang tablet di tangan kirinya dan menggulir dokumen di layar dengan jari telunjuk kanannya.
Mengenal CEOs kami.

Kyung, Kye Hyun
ㆍPresident & CEO [2022~Sekarang]
ㆍPresident & Kepala, Solusi Perangkat [2021~Sekarang]
ㆍCEO, Samsung Electro-Mechanics Co., Ltd. [2020~2021]
ㆍKepala, Produk Solusi & Pengembangan, Bisnis Memori [2018~2020]
ㆍKepala, Produk & Pengembangan Flash, Bisnis Memori [2015~2018]
ㆍKepala, Tim Desain Flash, Bisnis Memori [2011~2015]

Han, Jong Hee
ㆍWakil Ketua & CEO [2022~Sekarang]
ㆍWakil Ketua & Kepala, eXperience Perangkat [2021~Sekarang]
ㆍPresiden & Kepala, Bisnis Tampilan Visual [2017~2021]
ㆍKepala, Tim & Bisnis Tampilan Visual [2015~2017]
ㆍKepala, Kantor & Bisnis Tampilan Visual [2013~2015]
ㆍKepala, Tim & Produk, Bisnis Tampilan Visual [2011~2013]

Merangkul tantangan baru untuk mempertahankan warisan kami
Setelah memposting rekor penjualan dan laba operasional tahun sebelumnya, Samsung Electronics mulai melihat tantangan baru saat merayakan hari jadinya yang ke-50 pada tahun 2019. Sejak saat itu, Samsung terus berupaya untuk menjadi No. 1 dalam industri semikonduktor sistem sekaligus mendorong pertumbuhan di bidang-bidang seperti AI dan 5G.
Perusahaan terus berinovasi untuk tetap menjadi pemimpin dunia dalam semikonduktor memori, TV, dan ponsel pintar.
Pada 2019, Samsung juga menyatakan visi CSR barunya: “Together for Tomorrow! Enabling People”. Strategi ini menguraikan komitmen perusahaan sebagai warga korporat global, dengan menjelaskan bagaimana Samsung berupaya untuk memenuhi tanggung jawab sosialnya dan etos yang akan diterapkan perusahaan untuk abad berikutnya dan seterusnya.

Demikian mengenai Profile PT. Samsung Electronics Indonesia (SEI) Kunjungi Career Samsung …

Nama Perusahaan: PT. Samsung Electronics Indonesia
Alamat: Jl. Jababeka Raya Blok. F29-33, Cikarang, Jawa Barat 17530, Indonesia
No Telpon: (021) 89837114
Presiden Direktur: Lee SangChul
Lini Bisnis Utama: Consumer Electronic, IT & Komunikasi Seluler
Brand: Samsung
Website: www.samsung.com/id

Dalam hal ini The Company selalu mengedepankan informasi yang Valid & Legacy For Employer. Agar kebutuhan rekrutmen perusahaan dapat terpenuhi.

Tinggalkan Balasan