By | Mei 10, 2023

PT. ASABRI (Persero) | BUMN

Latar Belakang | PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) | Disingkat PT. ASABRI (Persero)

Profile PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) | PT. ASABRI | Semula prajurit TNI, anggota Polri dan PNS Dephan/Polri menjadi Peserta Taspen (Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri) yang didirikan pada tanggal 17 April 1963 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 1963.

  1. Namun dalam perjalanannya, keikutsertaan prajurit TNI dan anggota Polri dalam Taspen mempengaruhi penyelenggaraan Program Taspen, karena :
  2. Perbedaan Batas Usia Pensiun (BUP) bagi prajurit TNI dan anggota Polri yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1966 dengan PNS yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1969.
  3. Sifat khas prajurit TNI dan Polri memiliki risiko tinggi, banyak yang berhenti karena gugur atau tewas dalam melaksanakan tugas.
  4. Adanya kebijaksanaan Pemerintah untuk mengurangi jumlah prajurit secara besar-besaran dalam rangka peremajaan yang dimulai pertengahan Tahun 1971.
  5. Jumlah iuran yang terkumpul pada waktu itu tidak sebanding dengan perkiraan klaim yang akan diajukan oleh para peserta.

 

Kedudukan PT ASABRI (Persero)

PT ASABRI (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang berbentuk Perseroan Terbatas dimana seluruh sahamnya dimiliki oleh negara yang diwakili oleh Menteri Negara BUMN selaku Pemegang Saham atau RUPS berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2003 tentang Pelimpahan kedudukan, tugas dan kewenangan Menteri Keuangan pada Perusahaan Perseroan (Persero), Perusahaan Umum (Perum) dan Perusahaan Jawatan (Perjan) kepada Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara.

PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau disingkat PT Asabri (Persero), Perusahaan BUMN yang bergerak dibidang Asuransi Sosial dan pembayaran pensiun khusus untuk Prajurit TNI, Anggota Polri, PNS, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan POLRI.

Semula prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri menjadi peserta Taspen (Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri) yang didirikan pada tanggal 17 April 1963 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 1963. Namun dalam perjalanannya, keikutsertaan prajurit TNI dan anggota Polri dalam Taspen mempengaruhi penyelenggaraan Program Taspen. Untuk menindaklanjuti hal tersebut dan meningkatkan kesejahteraan Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, maka Dephankam (saat itu) memprakarsai untuk mengelola premi sendiri dengan membentuk lembaga asuransi yang lebih sesuai.

PT Asabri (Persero) yaitu Perusahaan Umum Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Perum ASABRI) yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 1971 pada tanggal 1 Agustus 1971, dan selanjutnya ditetapkan sebagai Hari Jadi ASABRI. Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian, menurut jenis usahanya PT ASABRI (Persero) merupakan asuransi jiwa, sedangkan menurut sifat penyelenggaraan usahanya PT ASABRI (Persero) bersifat sosial, sehingga dapat dikatakan bahwa PT ASABRI (Persero) adalah perusahaan asuransi jiwa yang yang bersifat sosial yang diselenggarakan secara wajib berdasarkan undang-undang dan memberikan proteksi (perlindungan) finansial untuk kepentingan Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri.

Sesuai dengan filosofi PT ASABRI (Persero). Penyelenggaraan kegiatan asuransi PT ASABRI (Persero) menekankan pada prinsip dasar asuransi sosial yaitu kegotongroyongan, dimana “yang muda membantu yang tua, yang berpenghasilan tinggi membantu yang berpenghasilan rendah dan yang berisiko rendah membantu yang berisiko tinggi”. Dalam upaya meningkatkan operasional dan hasil usaha, maka berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 1991 bentuk usaha ASABRI dari Perusahaan Umum (Perum) dialihkan menjadi Perseroan Terbatas (PT), sehingga menjadi PT Asabri (Persero)

 

Filosofi PT ASABRI (Persero).

Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian, menurut jenis usahanya PT ASABRI (Persero) merupakan asuransi jiwa, Sedangkan menurut sifat penyelenggaraan usahanya PT ASABRI (Persero) bersifat sosial, Sehingga dapat dikatakan bahwa PT ASABRI (Persero) adalah perusahaan asuransi jiwa yang yang bersifat sosial yang diselenggarakan secara wajib berdasarkan undang-undang dan memberikan proteksi (perlindungan) finansial untuk kepentingan Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri.

Penyelenggaraan kegiatan asuransi PT ASABRI (Persero) menekankan pada prinsip dasar asuransi sosial yaitu kegotongroyongan, dimana “yang muda membantu yang tua, yang berpenghasilan tinggi membantu yang berpenghasilan rendah dan yang berisiko rendah membantu yang berisiko tinggi”.

VISI dan MISI

Dalam pengelolaan Perusahaan yang fokus dan visioner, manajemen perlu menetapkan tujuan utama/harapan/cita-cita dari para pendiri maupun stakeholders lainnya dalam bentuk Misi Perusahaan yang diiringi dengan pandangan masa depan yang realistis dalam jangka waktu tertentu dalam bentuk Visi Perusahaan. Agar dapat menetapkan arah kebijakan strategis yang tepat serta membangun keyakinan dan perilaku yang berkinerja tinggi dalam bentuk Tata Nilai Perusahaan.

Terjadinya dinamika perkembangan dan tantangan bisnis Perusahaan, manajemen telah melakukan penyesuaian terhadap Misi, Visi dan Tata Nilai Perusahaan yang diarahkan pada transformasi bisnis dan budaya Perusahaan serta peningkatan kesejahteraan Peserta ASABRI telah memperoleh persetujuan Dewan Komisaris, dengan uraian sebagai berikut:

Visi
Menjadi Perusahaan Asuransi Sosial Nasional yang profesional dengan melakukan transformasi budaya dan bisnis Perusahaan secara berkelanjutan;

Misi
Meningkatkan kesejahteraan Peserta ASABRI melalui pengembangan sistem pelayanan berbasis teknologi dan peningkatan manfaat asuransi sosial, didukung dengan pengembangan Sumber Daya Manusia yang berintegritas dan berakhlak, Serta pengelolaan investasi yang tepat.

 

Nilai-Nilai Utama, terdiri atas:

a. Amanah

Definisi: Memegang teguh kepercayaan yang diberikan.

Panduan perilaku:

  • a) Memenuhi janji dan komitmen.
  • b) Bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan yang dilakukan,
  • c) Berpegang teguh kepada nilai moral dan etika.

 

b. Kompeten

Definisi: Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas.

Panduan perilaku:

  • a) Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.
  • b) Membantu orang lain belajar.
  • c) Menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik.

 

c. Harmonis

Definisi: Saling peduli dan menghargai perbedaan.

Panduan perilaku:

  • a) Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.
  • b) Suka menolong orang lain.
  • c) Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

 

d. Loyal

Definisi: Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara.

Panduan perilaku:

  • a) Menjaga nama baik sesama karyawan, pimpinan, BUMN, dan Negara.
  • b) Rela berkorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar.
  • c) Patuh kepada pimpinan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum dan etika.

 

e. Adaptif

Definisi: Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakan ataupun menghadapi perubahan.

Panduan perilaku:

  • a) Cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik.
  • b) Terus-menerus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi.
  • c) Bertindak proaktif.

 

f. Kolaboratif

Definisi: Membangun kerjasama yang sinergis.

Panduan perilaku:

  • a) Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.
  • b) Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.
  • c) Menggerakan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

 

Alamat perusahaan : PT ASABRI (Persero)
Jl. Mayjen Sutoyo, No. 11 Jakarta 13630

Sahabat Perjuangan Anda
Sepanjang Masa

SUMBER : https://www.asabri.co.id/

 

Dalam hal ini The Company selalu mengedepankan informasi yang Valid & Legalcy For Employer. Agar kebutuhan rekrutmen perusahaan dapat terpenuhi.

Tinggalkan Balasan